Konsumsi dan Investasi (Mifo)

  1. A.             KONSUMSI

Konsumsi dan investasi merupakan dua kegiatan yang berkaitan. Penundaan

konsumsi sekarang (K­0) dapat diartikan sebagai investasi konsumsi dimasa yang akan datang (K1). Individu melakukan konsumsi dengan memakai sumber daya yang ada untuk mendapatkan kepuasan atau utiliti (utility). Setiap individu diasumsikan menyukai konsumsi lebih daripada konsumsi yang kurang. Asumsi ini dapat diartikan bahwa utiliti marginal dari konsumsi adalah positif, Yaitu penambahan konsumsi akan meningkatkan utiliti (kepuasan). Asumsi yang lain adalah bahwa utiliti marginal dari konsumsi sifatnya adalah menurun, yaitu peningkatan utiliti untuk konsumsi yang sama akan semakin kecil dari sebelumnya. Gambar 1.1 berikut ini menunjukkan hubungan antara konsumsi sekarang (K0) dengan tingkat utiliti total, U (K0).

 

 

Gambar 1.1. Hubungan antara konsumsi sekarang dan utiliti.

 

Gambar 1.1. menunjukan bahwa penambahan konsumsi (K01 = K02 = … = K0n)

yang sama akan meningkatkan Utiliti (U(K0)1, …, U(K0)  adalah positip), tetapi dengan peningkatkan yang menurun (U(K0)n < … < U(K0)1). Hubungan antara konsumsi mendatang (K1) dengan utiliti total dapat juga di buat dengan cara yang sama.  Jika digabungkan, grafik antara hubungan konsumsi sekarang (K0), konsumsi mendatang (K1) dan utiliti total tampak di gambar 1.2.

 

 

Gambar 1.2. Hubungan antara konsumsi sekarang, konsumsi mendatang dan utiliti total.

 

Garis patah-patah di gambar 1.2. menunjukkan garis di permukaan kurva utiliti yang menunjukkan tingkat utiliti yang sama untuk kombinasi konsumsi sekarang (K0) dan konsumsi mendatang (K1). Ini menunjukkan bahwa titik-titik A dan B yang berada di garis patah-patah mempunyai tingkat utiliti yang sama dan ini dikatakan bahwa individu akan merasa tidak berbeda (indifference) untuk berada di salah satu titik A atau B. Kurva yang memberikan utiliti yang tidak berbeda ini disebut indifference kurve. Kurva ini dapat diproyeksikan ke bidang dua dimensi dengan sumbu konsumsi sekarang dan konsumsi mendatang seperti tampak di gambar 1.3.

 

Gambar 1.3. indefference curve untuk konsumsi sekarang dan konsumsi mendatang.

 

Kombinasi Konsumsi sekarang dan konsumsi mendatang yang terletak di indefference curve yang sama akan memberikan tingkat utiliti yang sama. Individu akan mempunyai tingkat kepuasan yang sama di titik A untuk kombinasi konsumsi-konsumsi (K0*,K1*) dengan tingkat kepuasan di titik B untuk kombinasi konsumsi-konsumsi  (K0**,K1**). Titik A mempunyai tingkat konsumsi konsumsi sekarang yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat konsumsi sekarang dititik B. Sebaliknya titik B mempunyai tingkat konsumsi yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat konsumsi mendatang di titik A. karena kedua titik tersebut berada di kurva yang sama, keduanya akan memberikan tingkat kepuasan yang sama . lain halnya dengan titik C. Titik C mempunyai tingkat konsumsi sekarang yang sama  dengan tingkat konsumsi sekarang di titik A. akan tetapi titik C mempunyai tingkat konsumsi mendatang yang lebih besar dibandingkan dengan yang berada dititik A . secara logika, titik C akan memberikan tingkat kepuasan yang lebih besar dibandingkan dengan kepuasan di titik A. Ini dapat dilihat di indefference curve untuk titik C yang mempunyai tingkat kepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan indefference curve untuk titik A.

 

 

  1. INVESTASI

Titik-titik yang berada di indefference curve yang sama menjelaskan tingkat substitusi  subyektif dari individu untuk konsumsi-konsumsi yang berbeda waktunya. Substitusi ini menjelaskan beberapa unit konsumsi mendatang yang harus di terima supaya individu mau mengorbankan satu unit konsumsi sekarang dengan tingkat kepuasan subyektif yang sama. Walaupun pengorbanan konsumsi sekarang dapat di artikan sebagai investasi untuk konsumsi di masa mendatang, tetapi pengertian investasi yang lebih luas membutuhkan aktiiva yang produktif untuk mengubah satu unit konsumsi yang ditunda untuk dihasilkan menjadi lebih satu unit konsumsi mendatang dengan demikian investasi dapat di definisikan sebagai penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktif selama periode waktu yang tertentu.

Dengan adanya aktiva yang produktif, penundaan konsumsi sekarang untuk diinvestasikan ke aktiva yang produktif tersebut akan meningkatkan utiliti  total.  Untuk menunjukkan hal ini, misalnya diasumsikan bahwa individu menerima pendapatan sebesar P0 pada awal periode dan mendapatkan P1 pada akhir periode. Kurva ABCD di gambar 1.4. menunjukkan set dari aktiva yang produktif. Individu akan mengonsumsi sebesar K0 pada awal periode.  Individu dapat mengonsumsikan semua pendapatannya sebasar P0 pada awal periode dengan tingkat utiliti yang diterima sebesar U1 di titik B. Karena adanya aktiva yang produktif individu dapat bergeser dari titik B ke titik C selama masih berada di aktiva yang produktif ini. Di titik C ini individu mengurangi konsumsi sekarang dari P0 menjadi K0* sisa yang tidak di konsumsikan sebesar I0 = (P0 – K0*) adalah nilai yang diinvestasikan. Dari hasil pergeseran posisi ini tingkat utiliti akan naik menjadi U2.

 

 

Gambar 1.4. kesempatan produktif yang efisien

 

Terlihat bahwa investasi kedalam aktiva yang produktif akan meningkatkan utiliti. Investasi ke dalam aktiva yang produktif dapat berbentuk aktiva nyata (seperti rumah, tanah dan emas) atau berbentuk aktiva keuangan (surat-surat berharga) yang di perjual-belikan diantara investor (pemodal). Investor melakukan investasi untuk meningkatkan utilitinya dalam bentuk kesejahteraan keuangan.

Posted on September 26, 2012, in Manajemen Investasi dan portofolio (mifo) and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Bagaimana gambar hubungan antara konsumsi dan investasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: