METODOLOGI DAN LIPUTAN ANALISIS EKONOMI (Bidang Studi Ilmu Ekonomi)

BAB 1

BIDANG STUDI ILMU EKONOMI

(oleh: Salman husin)

ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi sebagai suatu bidang studi mulai berkembang semenjak bagian kedua abad ke-18,yaitu adam smith-seorang pemikir dari inggris menulis buku yang berjudul:”AN INQUIRY INTO THE NATURE AND CANSES OF THE WEALTH OF NATIONS”.Adam smith dapat dipandang sebagai “BAPAK ILMU EKONOMI”.

Pada bagian kita dapat mengetahui secara garis besar perbedaan antara teori mikroekonomi dan teori makroekonomi.

Ruang lingkup dan cara analisis teori mikroekonomi dan teori makroekonomi yang akan  diterapkan dalam empat aspek yang erat hubungannya dengan metodologi dam analisis ekonomi,yaitu:

  • Masalah pokok ekonomi yang dihadapi setiap masyarakat
  • Jenis-jenis analisis ekonomi
  • Ciri-ciri teori ekonomi dan kegunaannya
  • Bentuk –bentuk analisis yang  digunakan ahli-ahli ekonomi.

MASALAH EKONOMI DAN KEBUTUHAN UNTUK MEMBUAT PILIHAN

Dalam perusahaan selalu menghadapi persoalan yang bersifat ekonomi,yaitu persoalan yang menghendaki seseorang atau suatu masyarakat membuat keputusan tentang cara yang terbaik untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi dapat didefinisikan sebagai kegiatan seseorang atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Masalah Pokok Perekonomian : Kekurangan

Kekurangan atau kelangkaan berlaku sebagai akibat dari ketidakseimbangan antara:

  1. Kebutuhan masyarakat
  2. faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat

Kebutuhan Masyarakat

Kebutuhan masyakat merupakan keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa.

Keinginan itu yaitu:

  1. Keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli.
  2. Keinginan yang tidak disertai oleh kemampuan untuk membeli.

Barang  yang dibutuhkan manusia terdiri atas benda yang dapat dilihat dan diraba.sedangkan,jasa bukanlah berbentuk

benda sebabnya merupakan layanan seseorang akan kebutuhan masyarakat.

Jenis-Jenis Barang

  1. Barang ekonomi.

Barang  ekonomi adalah barang  yang  memerlukan usaha untuk memperolehnya,misalnya:beras, makanan  lain  dan abrang produksi industri.

Barang  ekonomi  dapat  dibedakan yaitu:

a)      Barang konsumsi

b)      Barang modal

c)      Barang akhir

d)     Barang setengah jadi

  1. Barang Cuma-Cuma.

Barang Cuma-Cuma adalah barang yang dapat dinikmati tanpa melakukan kegiatan produksi,misalnya:oksigen,sinar matahari, air hujan.

Teori ekonomi terdapat 2 golongan yaitu:

  1. Berdasarkan kepentingan barang dalam kehidupan manusia.
  • Barang inferior.
  • Barang esensial.
  • Barang normal.
  1. Berdasarkan cara penggunaan barang oleh masyarakat.
  • Barang pribadi.
  • Barang publik.

FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI

Faktor produksinya adalah:

  • Tanah.
  • Tenaga kerja.
  • Modal.
  • Keahlian.

MEMBUAT PILIHAN UNTUK MEMAKSIMUMKAN KESEJAHTERAAN

Individu ,perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan  tidak bisa mendapatkan semua yang mereka inginkan,maka mereka harus membuat pilihan.mereka harus membuat pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah dibuat  dalam kegiatan ekonomi  yaitu:

  1. Pilihan dalam mengkonsumsi.
  2. Pilihan dalam memproduksi.

DEFINISI ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya.makanya sebabnya sukar di definisikan dengan gambar yang tepat atau sesuai.selanjutnya dari kebanyakan ahli ekonomi selalu mendefinisikan ilmu ekonomi berdasarkan kepada kenyataan.Profesor P.A.Samuelson,salah seorang ahli ilmu ekonomi yang terkemuka didunia.menurut pendapatnya,ilmu ekonomi merupakan suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan,dengan atau tanpa penggunaan uang dan dengan menggunakan sumber daya lain – tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikan untuk kebutuhan konsumsi,sekarang dan dimasa datang, kepada berbagai induvidu dan golongan masyarakat.

Jenis-Jenis Analisis Ekonomi

Ekonomi Deskriptif.

Ilmu ini merupakan suatu analisis ekonomi menggambarkan  keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian (seperti keadaan petani di Jawa Tengah adalah tergolong sebagai ilmu ekonomi deskriptif.

Teori Ekonomi.

Suatu pandangan –pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya  mengalami perubahan.

Ekonomi Terapan .

Bidang ini disebut juga sebagai teori kebijakan ekonomi yaitu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan ynga perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi.salah satu peranan teori ekonomi adalah berfungsi sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi.

Tujuan-tujuan yang dicapai yaitu:

  1. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat.
  2. Menciptakan kestabilan harga-harga.
  3. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

PERNYATAAN POSITIF DAN PERNYATAAN NORMATIF

  1. Pernyataan positif.

Pernyataan positif adalah pernyataan yang mengandung arti,apakah yang wujud atau telah wujud atau akan wujud?kebenaran pernyataan positif dapat dilihat dengan membandingkan dengan kenyataan yang wujud.

2.  Pernyataan normatif.

Pernyataan normatif  adalah pernyataan yang mengandung arti,apakah yang sebaiknya harus wujud? jadi pernyataan normatif merupakan  suatu  pandangan  subjektif  atau  suatu  value  judgement.pernyataan ini bukan mengungkapkan pendapat mengenai keadaan yang berwujud.

 

SIFAT-SIFAT TEORI EKONOMI

Untuk  mengetahui sifat-sifat umum dari teori ekonomi.setiap teori mempunyai 4 unsur  penting berikut:

  • Definisi-definisi yang menjelaskan dengan sebaik-baiknya variabel-variabel yang sifat-sifat hubungannya akan di terapkan dalam teori tersebut .
  • Sejumlah asumsi-asumsi atau pemisahan-pemisahan mengenai keadaan yang harus wujud supaya teori itu berlaku dengan baik.
  • Satu atau beberapa hiotesis mengenai sifat-sifat hubungan di antara berbagai variabel yang di bicarakan
  • Satu atau beeberapa ramalan mengenai keadaan-keadaan yang akan berlaku.

VARIABEL-VARIABEL

Variabel adalah unsur yang penting dalam setiap teori.teori tersebut pada hakikatnya bertujuan untuk menjelaskan bagaimana harga barang ditentukan.

Dalam teori harga antara lain di terangkan sifat permintaan dari para pembeli dan ini di kenal dengan hukum permintaan.

            Hukum ini mengatakan:kalau harga suatu barang berubah maka jumlah permintaan terhadap barang itu juga akan berubah.dengan jelas dapat dilihat bahwa ia mempunyai dua variabelyaitu:harga dan jumlah barang yang di minta /di beli.

Mengenai variabel  perlu  dibedakan dua variabel berikut: endogen dan ekso gen.variabel endogen adalah variabel yang sifatnya di terangkan dalam teori tersebut.sedangkan variabel eksogen adalah variabel yang mempengaruhi variabel endogen tetapi ia di tentukan  oleh faktor-faktor  yang berada di luar teori tersebut.

 

ASUMSI

Membuat  asumsi  atau  pemisalan-pemisalan merupakan salah satu syarat penting  membuat teori dalam ilmu  sosial.ini berarti teori harus membuat  penyerderhanaan atas kejadian yang sebenarnya dalam masyarakat .

HIPOTESIS

Hipotesis adalah suatu pernyataan mengenai bgaimana variabel-variabelyang di bicarakan berkaitan satu sama lain.sifat hubungan itu di bedakan dua golongan yaitu:

Hubungan langsung ,yaitu keadaan dimana perubahan nilai-nilai variabel yang di bicarakan bergerak ke arah yang bersamaan.jika pendapatan masyarakat bertambah maka konsumsi mereka akan bertambah.

Hubungan terbalik yaitu apabila nilai-nilai variabel yang di bicarakan berubah kearah yang bertentangan.kenaikan harga menyebabkan permintaan menurun adalah contoh hubungan yang terbalik.

Hipotesis sangat penting perannya dalam mengemukakan teori,suatu  hiotesis merupakan hubungan fungsional.yaitu ia menyatakan mengenai sifat-sifat hubungan di antara variabel-variabel.

 

MEMBUAT RAMALAN

Membuat ramalan merupakan peranan penting lainnya yang di bahas oleh teori ekonomi.teori ekonomi memberi sumbangan penting dalam menganalisis  kegiatan ekonomi dalam masyarakat.yang pertama,

  • Menerangkan mengapa peristiwa-peritiwa tertentu berlaku dan apa yang menyebabkannya sehingga bentuk peristiwanya adalah seperti itu.
  • Teori ekonomi dapat  juga  meramal keadaan yang berlaku ,peramalan itu dapat di gunakan sebagai landasan dalam merumuskan langkah-langkah untuk memperbaiki keadaan  dalam  perekonomian .

 

ALAT-ALAT ANALISIS DALAM ILMU EKONOMI

Ilmu  ekonomi  memerlukan  beberapa  alat  analisis  untuk menerangkan teori-teorinya  dan  untuk menguji kebenaran teori=teori tersebut .

  • Peranan grafik  dalam analisi   ekonomi

Teori  dan penjelasan ilmiah  memerlukan alat-alat agar   dapat dengan mudah  di mengerti. Dalam ilmu ekonomi  usaha untuk memberikan  penerangan yang lebih jelas  mengenai  teori-teori ekonomi  dilakukan dengan  bantuan  grafik dan kurva .

  • Sifat-sifat grafik

Suatu grafik mempunyai dua sumbu: sumbu datar dan sumbu tegak.Sumbu datar adalah  sumbu yang letaknya horizontal,sedangkan  Sumbu tegak  adalah sumbu yang tegak lurus  pada sumbu horizontal.pertemuan di antara sumbu tersebut di namakan  origin  atau titik asal.

 

HUBUNGAN ANTAR VARIABEL

Terdahulu telah diterapkan mengenai sifat hukum permintaan,yaitu apabila harga mengalami perubahan maka jumlah barang yang di minta juga akan mengalami perubahan.

contoh soal:

Dalam suatu pasar barang jumlah permintaanya pada berbagai tingkat harga adalah seperti :

  1. Gambarkan grafik atau kurva permintaan barang tersebut
  2. Misalkan pendapatan masyarakat bertmbah dan menyebabkan permintaan naik sebanyak 10% pada setiap tingkat harga.
    1. Hitung jumlah permintaan yang baru pada setiap tingkat harga
    2. Gambarkan kurva permintaan yang baru, adakah ia sejajar dengan kurva permintaan yang lama. Mengaa ?
  • Kurva Permintaan
  • Jumlah Permintaan

Permintaan 500 pada harga Rp.5000

= 500 x 10% = 50

=550

Permintaan 1000 pada harga Rp. 4000

= 1000 x 10% = 100

= 1100

Permintaan 1500 pada harga 3000

=1500×10%=150

=1650

Permintaan 2000 pada harga 2000

=2000×10%=200

=2200

Permintaan 2500 pada harga 1000

=2500×10%=250

=2750


 

PERANAN ILMU STATISTIK DALAM ANALISI EKONOMI

Berbagai  metode statistik  memungkinkan dilakukannya  pengumpulan data  kegiatan ekonomi yang penting seperti  tingkat   produksi nasional ,perkembangan jumlah penduduk ,jenis-jenis  pengangguran ,dan perkembangan tingkat harga.dalam hubungannya dengan ilmu ekonomi ,ilmu statistik  memegang dua peranan yang penting  :

  • Menyediakan berbagai jenis  angka indeks  untuk menunjukan  kecendrungan  perkembangan variabel-variabel  ekonomi  tertentu  dari waktu  ke waktu
  • Menguji atau menyelidiki  kebenaran pandangan dalam teori-teori  ekonomi.

 

ANGKA INDEKS

Angka indeks di  definisikan  sebagai angka Yng menunjukan  perubahan rata-rata sekumulan  data tertentu dari waktu ke waktu.ada  dua angka indeks   yang terpenting mengenal  perubahan keadaan  kegiatan ekonomi  adalah indeks harga dan indeks  produksi.

  1. Indeks harga,indeks harga menunjukan besar nya  perubahan rata-rata harga  sekumulan barang dari suatu waktu ke waktu lainnya.untuk menunjukan besarnya  perubahan tersebut di perlukan suatu masa/tahun yang akan di jadikan sebagai titik tolak dalam melihat besarnya perubahan harga yang berlaku.
  2. Indeks produksi,menunjukan tingkat perubahan produksi ,juga  menghadapi  masalah yang sama seperti  menunjukan erubahan tingkat harga.tingkat perubahan produksi berbagai kegiatan di sutu sektor ,misalnya sektor industri,adalah berbeda-beda.ada sektor industri yang cepat berkembang dan ada  pula yang lambat berkembang.
  • Memguji Kebenaran Teori-Teori ekonomi
  • Peranan lain yang di pegang oleh ilmu statistik dalam analis ekonomi adalah  untuk menguji kebenaran  dari teori-teori  ekonomi.teori ekonomi di buat  berdasarkan observasi  yang di lakukan atas kegiatan ekonomi,sebagai contoh  kepada observasi di pasar  seorang ahli ekonomi membuat teori  berikut: kalau pendapatan seseorang naik ,maka pengeluaran untuk membeli makanan akan bertambah.

 

PERANAN AHLI EKONOMI DALAM KEBIJAKAN EKONOMI

Pengetahuan mengenai prinsip-prinsip ekonomi telah memungkinkan ahli-ahli ekonomi mengetahui langkah mana yang sebaiknya diambil dan langkah mana yang harus dihindarkan.

Tindakan merumuskan kebijakan ekonomi meliputi dua aspek berikut :

  1. Menentukan tujuan yang akan dicapai,
  2. Menentukan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut,

Tujuan tujuan utama dari kebijakan ekonomi nasional telah di nyatakan sebelum ini, yaitu mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat, menciptakan kestabilan harga, mengurangi pengangguran , dan mewujudkan distribusi pendapatan yang merata. Tujuan ini adakalanya saling bertentangan satu sama lain , misalnya ,usaha untuk mengatasi pengangguran dapat menimbulkan inflasi , dan usahan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dapat memperburut distribusi pendapatan . tugas dari ahli-ahli ekonomi adalah memikirkan cara-cara –dengan menggunakan teori-teori ekonomi sebagai landasannya – untuk menghindari pertentangan yang akan muncul dalam mencapai berbagai tujuan tersebut secara serentak.

didalam memikirkan cara-cara mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi akan mewujudkan tujuan-tujuan ekonomi yang ditentukan ,analisis yang dibuat haruslah meliputi persoalan-persoalan berikut:

  • Tujuan-tujuan dari kebijakan yang dijalankan.
  • Cara-cara yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
  • Jenis pengorbanan yang harus dibuat untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Akibat buruk yang mungkin berlaku apabila suatu langkah atau kebijakan ekonomi dilaksanakan.
  • Menjajaki langkah alternatif lain yang lebih baik untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Dengan menganalisis kelima persoalan ini dapatlah ahli-ahli ekonomi menentukan cara-cara paling baik dalam mencapai tujuan tujuan yang telah ditetapkan. Walau bagaimanapun perlulah disadari bahwa pada umumnya ahli-ahli ekonomi mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengatasi masalah yang dihadapi dan tujuan yang ingin dicapai.ini disebabkan oleh “value judgement” mereka yang berbeda.

MIKROEKONOMI DAN MAKROEKONOMI

TEORI MIKROEKONOMI

mikro berarti kecil. Dengan demikian teori mikroekonomi atau ekonomi mikro boleh diartikan sebagai “ilmu ekonomi kecil”. Namun berdasarkan kepada pola dan ruang lingkup analisisnya, teori mikroekonomi dapat didefenisikan sebagai: satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi.

Isu pokok yang dianalisis dalam teori mikroekonomi adalah: bagaimanakah cara menggunakan factor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan?

Dalam teori mikroekonomi masalah diatas dibagi dan dibedakan menjadi tiga persoalan yang dinyatakan dibawah ini:

  1. Apakah jenis jenis barang dan jasa yang diperlukan di produksikan,?
  2. Bagaimanakah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat akan dihasilkan?
  3. Untuk siapakah barang dan jasa perlu di hasilkan

Teori mikroekonomi menganalisis hal-hal berikut:

  • Interaksi dipasar barang
  • Tingkah laku penjual dan pembeli
  • Interaksi di pasaran faktor

TEORI MAKROEKONOMI

            Analisis makroekonomi merupakan analisis terhadap keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisisnya bersifat umum dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian

Makroekonomi analisis meliputi aspek berikut:

  • Penentuan kegiatan perekonomian
  • Masalah pengangguran dan inflasi
  • Peranan kebijakan pemerintah

 

daftar pustaka : Sukirno Sadono, mikro ekonomi teori pengantar edisi ketiga, Rineka Cipta Jakrta, 1992.

Posted on April 4, 2012, in Mikro. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: