TUJUH PILAR STRATEGI KOMUNIKSI BISNIS

TUJUH PILAR STRATEGI KOMUNIKSI BISNIS

oleh: Febri Yulisa

TUJUH PILAR STRATEGI KOMUNIKSI BISNIS

Terdapat Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis, yakni :

  1. Pemahaman terhadap proses komunikasi
  2. Penggunaan pikiran (good thinking)
  3. Memahami bahasa
  4. Kejelasan pesan (clearness)
  5. Daya persuasi (persuasiveness)
  6. Kelengkapan pesan (completness)
  7. Keinginan baik (good will)

PENJELASAN :
Pemahaman Terhadap Proses Komunikasi

Yakninya harus dapat mengetahui :

  • Bagaimana menempatkan diri sebagai komunikator
  • Bagaimana menggunakan media
  • Bagaimana menyusun pesan yang terarah
  • Bagaimanamemahami komunikasi
  • Bagaimana memanfaatkan sumber
  • Bagaimanamengetahui dan mengevaluasi efek

Penggunaan Pikiran (good think)

  Dalam kominikasi sejak awal kita harus sudah berpikir, think before communicated. Good thinking permeates good communication.

Memahami Bahasa

  Adalah merupakan sistem dari sign, signal dan simbol,yang diperlukan untuk berpikir dan mentransfer pikiran dan perasaan. Bahasa yangdigunakan dapat berbentuk verbal dan non-verbal. Kesalahan dalam penggunaan bahasa dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Kejelasan Pesan

  Pesan dalam komunikasi bisnis haruslah merupakan pesan yang dapat diterima dengan baik dan jelas oleh komunikan. Oleh karena itu, gunakan kalimat-kalimat syangpendek, singkat dan gamblang, karena kata-kata panjang dan berbelit-belit dapat menimbulkan persepsi yang berbeda antara komunikator dan komuniukan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam kejelasan Pesan :

Seni menyusun paragraf dan kalimat yang menutarakan maksud tertentu

Pesan harus disusun secara utuh/koheren/masif(padat) dan menekankan pada hal-hal tertentu, diperkuat dengan alat bantu seperti ilustrasi, contoh,analogi ayaupun defenisi

Susun kalimat yang sederhana, pendek dan familiar, kongkrit dan kata-kata khusus yang memudahkan untuk dibaca

Mengurangi Distorsi yang terjadi dapat dilakukan dengan cara :

  • Reduce interference
  • Establish feedback
  • Deliver message directly
  • Repeat ideas in different words 

Daya Persuasif (persuasiveness)

  •   Komunikasi persuasif, pesannya harus dipersiapkan dengan :Seleksi bahan-bahan emosional
  • Penggunaan bahasa yang menyentuh   emosi
  • Moving the feeling dan seringkali justru jauhkan logika

Kelengkapan Pesan (completness)

  Kelengkapan pesan dibutuhkan agar komunikasi clear dan effective. Dengan perkembangan teknologi komunikasi dan komputer data dapat semakin banyak terkumpul dan didapatkan. Jangan menahan atau menyembunyikan data atau essential information, sebab akan merusak seluruh communication network.

Keinginan Baik atau Itikat Baik (good will)

  Suatu perusahaan apaun yang ditawarkannya haruslah diiringi dengan niat baik terhadap konsumennya, bertanggung jawab dan tidak boleh merugikan masyarakat. Komunikasi bisnis adalah network atau jejaring. Jika hubungan kita dengan masyarakat jelek, maka akan mempengaruh keberadaan perusahaan dalam masyarakat.

 

 

Posted on April 3, 2012, in Komunikasi Bisnis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: